Advertisements

Renungan Reuni Akbar SMKN 1 Praya

24 Oktober 2015 saya mengikuti acara reuni akbar SMK Negeri 1 Praya dimana saya merupakan lulusan dari sekolah tersebut. Semasa saya sekolah namanya masih SMK Negeri 2 Praya dengan jurusan pariwisata saja namun kini berkembang dengan membuka jurusan baru yaitu teknik computer dan jaringan.

Mendengar ceramah dari ketua panitia acara yang sekaligus adalah guru bahasa inggris ku di masa lalu. Poin pokok dari ceramah tersebut adalah bahwa arah tujuan SMK adalah untuk menyiapkan tenaga kerja di industri pariwisata. Selepas ceramah tersebut saya berbincang sebentar dengan pak Mus, meski beliau sudah tidak mengajar di SMK 1 Praya lagi tapi beliau ikut acara reuni karena beliau guru yang cukup lama mengabdi di SMK 1 Praya. Pak Mus bercerita bahwa sekolah yang dibinanya punya jurusan multi media dan anak-anak didiknya sudah bekerja di photo studio, percetakan dan lain-lain.

Dari paparan kedua guru ku tadi saya jadi mengernyitkan dahi dan merenung sejenak. Dulu ketika SMK keinginan saya cukup sederhana yaitu bagaimana caranya dapat bekerja di sektor pariwisata dan punya gaji tetap. Kini, rasanya saya telah berubah menjadi manusia yang sangat rakus dengan ambisi yang sangat besar. Saya mulai menggeluti berbagai macam bisnis dari yang memang saya punya skill disitu sampai harus belajar dari 0 karena bukan bidang ku. Entah jin darimana yang merasuki, yang jelas kian hari saya menjadi manusia yang kian rakus. Entah harus di syukuri atau ditangisi.

Advertisements

Leave a Reply