Advertisements

Mobile First and Mobile Priority

Disemua website yang saya kelola, pengguna mobile sudah melebihi 70% dari total semua user berdasarkan perangkat yang dipakai. Laporan dari global web index menyatakan sudah 80% secara global pengguna internet menggunakan smartphone. Hal ini tentu memaksa semua orang yang berkecimpung di web harus mengubah kebijakan prioritasnya, termasuk skema prioritas mesin pencari untuk proses index.
Untuk merespon perubahan ini, google akhirnya memberikan pengumuman. berikut isinya “ To make our results more useful, we’ve begun experiments to make our index mobile-first. Although our search index will continue to be a single index of websites and apps, our algorithms will eventually primarily use the mobile version of a site’s content to rank pages from that site, to understand structured data, and to show snippets from those pages in our results. Of course, while our index will be built from mobile documents, we’re going to continue to build a great search experience for all users, whether they come from mobile or desktop devices” Kutipan ini dilansir dari searchengineland.
Tidak ada panduan yang jelas bagaimana cara menindak lanjuti hal ini dari sisi SEO karena memang tidak ada standar baku. Semua hal yang dilakukan para praktisi hanya mengacu pada tebakan cara kerja algoritma google, khususnya crawler pada topik ini.

Experiment

Saya agak telat merespon perubahan ini secara crawler karena memang sejauh ini sangat sedikit uji coba yang kami lakukan pada crawler, selebihnya bermain di area front pages. Lebih baik telat daripada tidak sama sekali, akhirnya kami merelease uji coba pada tanggal 10 Februari 2017. Overview uji coba sebagai berikut:
  • Experiment date : 10/02/17
  • Goal : Increase 40% Organic Search (Impresi
  • Interval : 30 Days
  • Technic : Text only for spider crawler/bot [All Bot]. Less JavaScript
  • Location : Social News Site
  • Engine : WordPress, Apache + nginx
Meskipun mobile first bukan berarti g boleh ada javascript, namun kami memilih untuk deregister java script bawaan wordpress. Dengan demikian penyajian konten teks langsung pada bot tanpa melalui ekseskusi terlebih dahulu oleh crawler.

Results

Hasilnya cukup memuaskan meski masa uji coba belum cukup 30 hari. Hasil ini berdasarkan perbandingan dari sejumlah hari sebelumnya Impressions dan click meningkat, akan tetapi di satu sisi ada average position yang turun sebesar 2,1% serta CTR. Kami tidak ambil pusing dengan penurunan CTR karena impression nambah serta tidak perlu risau dengan average position disebabkan mayoritas kata kunci yang melonjak pada bulan sebelumnya, sekarang sudah tidak tren lagi. Jadi, penurunan sejumlah itu sangat wajar. Kabar gembiranya adalah kata kunci yang tidak ada sebelumnya bermunculan dan konten baru pun lebih cepat mandapatkan posisi di search engine.

Result based on google analytic report

Summary

Ada hal yang rancu dalam uji coba ini, karena pada tanggal 7 February saya dengar kabar dari para webmaster lagi ribut soal perubuahan algoritma google. Efek perubahannya mayoritas positif karena meningkatnya impresi di search. Namun demikian google masih tutup mulut terhadap perubahan yang dirasa pada level grassroot.
Advertisements

Leave a Reply