Advertisements

Lima Jurus Ampuh Agar Bukan Cuma Jadi Penulis Biasa!

Menulis adalah salah satu lahan untuk mencari uang, DAN menjadi batu loncatan untuk bisa upgrade skill sampai pengalaman. Saya lulusan psikologi tadinya, tapi ternyata ‘kecemplung’ di dunia media tidaklah kesasar-kesasar amat.

Ada banyak hal yang bisa digali, sambil tetap menggandeng ilmu psikologi yang saya punya. Salah satu yang membuka mata adalah, ‘Jangan jadi penulis biasa!’ Nah, buat kalian yang sama-sama tenggelam dalam lautan rutinitas sebagai penulis, ayo, coba dilihat lagi visi dan misinya. Jangan mau selamanya jadi penulis, apalagi yang biasa-biasa aja. Hidup itu harus luar biasa, termasuk sebagai seorang content writer sebuah media kreatif. Coba deh lima hal ini.

1. Tuliskan target 3 bulan ke depan

TARGET, adalah hal yang harus dimiliki, agar hidup ini PUNYA TUJUAN. Serta agar kita mengalami PROGRESS, bukannya stuck, apalagi mundur.

Coba bayangkan, setelah jadi penulis ini, 3 bulan ke depan saya mau jadi penulis seperti apa ya? Yang simple dulu aja. Misalnya ingin bisa menulis 10 artikel sehari, ingin tulisannya tembus sekian juta pageview atau ingin naik pangkat. Everything is possible!

2. Fokus, tekun dan konsisten

Di awal-awal fase mewujudkan target yang kalian inginkan, buat komitmen dengan diri sendiri. Terutama dalam hal disiplin teknis kerja. Fokus saat jam kerja, tekun menjalani semua prosesnya dan konsisten untuk dua hal tersebut.

Mudah diomongkan, dan memang sulit diejawantahkan dalam kenyataannya. Tapi kalau boleh meminjam istilah teman saya yang berhasil menaklukkan Jakarta, he said, “Kalau dibilang bisa tapi sulit, maka walau sulit, tapi bisa kan?”

3. Kreatif

Kreatif adalah bagaimana kita mengembangkan dan memanfaatkan peluang yang ada. Misalnya kita ingin menulis hal yang sedang hits, tapi tidak ingin mainstream. Maka kembangkan topik dari sisi lainnya. Contoh, ketika semua orang membahas tokoh sejarah yang notabene dianggap membosankan, coba ulik lebih mengerucut.

kreatif

Banyak kok yang bisa dibahas dari seorang pahlawan selain kepahlawanannya. Sebut saja cerita sepatu Bally Bung Hatta, Kisah Cinta Bung Tomo, Ketampanan Pierre Tendean. Remember, besides histories, there are so many memories. *tsaaah

4. Jangan Berhenti Belajar

Hidup itu masa-masa belajar yang tak pernah usai. Jadi penulis juga begitu, jangan berhenti belajar. Ada banyak sekali pelajaran yang bisa jadi anak tangga menuju kesuksesan. Belajar dari kegagalan artikel sendiri, belajar dari kesalahan media lain, belajar dari tulisan orang lain, belajar dari komentar pembaca, belajar memanfaatkan momen, belajar dari rekan kerja sendiri, bos sendiri dan lain sebagainya.

Belajar itu juga nggak hanya teknis, tapi juga attitude. Percayalah, ketika kita terinspirasi akan sikap hidup seseorang, pelan-pelan kita bisa mengikuti kesuksesan mereka, atau bahkan lebih.

5. Percaya Diri dan Berani

Kata seorang teman seperjuangan, ‘Kalau kamu masih mendengarkan omongan orang, kamu nggak akan bisa ke mana-mana.’ Maksudnya adalah jangan banyak memusingkan omongan oranglah, action aja dan buktikan hasilnya. Kadang kecemasan itu cuma ada di pikiran kita aja kok.

Dan selalu berani menerima tantangan. Jangan mudah menganggap sesuatu sebagai beban. It’s a challenge actually, not a burden. Challenge akan membuat kamu melesat ke atas, sedangkan burden hanya membuat kamu mengeluh dan tidak melangkah ke mana-mana. Itu juga tergantung mind set yang kita bangun.

Semua orang bisa jadi penulis, tapi tidak semua bisa jadi penulis luar biasa. Saya yakin, kalian bisa jadi salah satunya. Nggak percaya? Udah dicoba dulu aja, buktikan. Nanti cerita-cerita deh kalau jurus di atas terbukti khasiatnya šŸ˜‰

Advertisements

Leave a Reply