Advertisements

4 Strategi Marketing Online Ini Dapat Meningkatkan Omzet Bisnis Anda

Pesatnya perkembangan internet saat ini turut memberikan angin segar bagi para pengusaha bisnis kecil dan menengah. Di tengah kondisi ekonomi yang lesu, para pengusaha harus memutar otak bagaimana agar bisnis mereka tidak stagnan atau bahkan merugi. Sayangnya, masih banyak pengusaha kecil dan menengah yang belum melek internet, padahal jika mereka paham tentang strategi marketing online, omzet mereka bisa meningkat drastis.

strategi marketing

strategi marketing

Tentunya promosi di internet memiliki beberapa kelebihan seperti pasar yang lebih luas dan target customer yang lebih banyak, sebagaimana banyaknya pengguna internet di Indonesia. Agar omzet usaha anda meningkat, berikut kami berikan rekomendasi media untuk melakukan strategi marketing online sebagai berikut:

1. Facebook

Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia.Meskipun pada awalnya Facebook tidak diciptakan untuk tempat berjualan, kini Facebook berkembang sebagai tempat berkumpulnya para pedagang online. Anda dapat membuat akun selayaknya orang biasa, anda juga dapat membuat halaman/page untuk mempromosikan produk anda. Jika anda membuat page, anda harus banyak-banyak merekomendasikan akun tersebut kepada orang lain. Jangan lupa sertakan foto-foto produk anda dan bukti testimoni dari customer untuk meyakinkan orang bahwa anda merupakan recommended seller.

facebook banner

facebook marketing

Barang-barang yang dijual di Facebook bermacam-macam seperti pakaian, tas, sepatu, aksesoris, handphone, dan lain sebagainya. Mayoritas pedagang yang berjualan di Facebook adalah pedagang kecil atau pedagang musiman yang tidak begitu aktif di Facebook. Meskipun masih jarang, ada beberapa penjual online yang menjual barangnya dalam partai yang cukup besar.

2. Twitter

Setelah Facebook, Twitter menjadi salah satu media sosial yang paling viral. Membuat akun Twitter cukup mudah, cukup masukkan nama lengkap, e-mail, dan password anda. Berbeda dengan media sosial lainnya, Twitter merupakan salah satu media sosial yang paling interaktif.

Twitter Marketing

Twitter Marketing

Saat sebuah akun men-tweet atau menuliskan sesuatu yang menarik, maka dalam sekejap bisa jadi ada banyak retweet yang akan didapatkan. Jika ingin melakukan promosi di Twitter, bersikaplah ramah terhadap para followers anda dengan rajin menyapa mereka. Sesekali anda juga dapat membuat kuis dengan hadiah tertentu dan lihatlah antusiasme yang terjadi.

3. Instagram

Instagram akhir-akhir ini menjadi salah satu media sosial yang digandrungi oleh para netter. Dibandingkan dengan media sosial lainnya, Instagram memiliki keistimewaan yakni pada fitur postingannya yang berupa foto atau video. Anda dapat memposting foto-foto produk anda di Instagram, namun akan lebih baik jika anda tampilkan kesan foto eksklusif yang menarik.

Instagram Marketing

Instagram Marketing

Buatlah foto semenarik mungkin dengan caption yang dapat menarik seseorang untuk membeli produk anda. Jangan lupa tambahkan beberapa hastag atau tagar (#) yang sesuai dengan produk anda.

4. Website atau Marketplace

Masih banyak usaha kecil dan menengah seperti distributor atau supplier yang memiliki toko namun belum memiliki website sebagai strategi marketing online mereka. Padahal dengan memiliki sebuah website, maka penjual berarti telah melakukan ekspansi pasar yang lebih luas, bahkan takterbatas.

Di indonesia sendiri juga sudah mulai banyak marketplace atau website untuk mempromosikan produk anda. Akan tetapi, jika anda ingin produk anda dikenal di manca negara, jangan lupa untuk memilih marketplace yang tepat sehingga produk anda dapat ditemukan oleh importir atau pembeli dari mancanegara karena memiliki sistem bahasa dwilingual, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Di sana, anda juga dapat membuat website sesuai keinginan dan kebutuhan anda untuk mendongkrak omzet bisnis. (erlin)

Advertisements

Leave a Reply